Menikmati Pesona Laut Dengan Diving

Posted: April 3, 2009 in News

gmbr

Olahraga susur laut banyak macamnya, selain snorkeling yang hanya bisa dilakukan di kedalaman terbatas. Ada juga diving atau menyelam yang memungkinkan kita bebas menyusuri keindahan perairan laut dalam. Syarat dan peralatan yang dibutuhkan pun jauh lebih banyak dan lebih rumit dari snorkeling, karena diving memerlukan alat bernafas khusus yang dinamakan SCUBA (Self Contained Underwater Breathing Apparatus).

Scuba berisi udara bertekanan tinggi yang dimasukkan ke tabung atau tangki udara. Sebelumnya udara dikurangi tekanannya, dimampatkan, disaring dan dipompa, sehingga bisa dihirup di dalam air layaknya bernapas di darat. Dengan bantuan Scuba, penyelam mampu berkelana ke dalam lautan tanpa takut kekurangan udara.alat-scuba

Saat ini lembaga yang berwenang dan diakui internasional untuk mengeluarkan sertifikat, sangat banyak. Tapi untuk sertifikat selam kategori sport di Indonesia, ada Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) yang berafiliasi dengan CMAS (Confederation Mondiale des Activites Subaquatiques) Italia, TDI-SDI (Technical Diving International – Scuba Diving International), dan NAUI (National Association of Underwater Instructors) Indonesia yang langsung di bawah NAUI Amerika Serikat. Semua sertifikat ini berlaku di seluruh dunia.

Sedangkan untuk selam rekreasional ada ADS (Association of Diving School International), PADI (Professional Association Diving Instructor), dan lainnya. Sertifikat ini didapatkan setelah mendapatkan pelatihan dan dinyatakan lulus oleh instruktur dari lembaga yang bersangkutan.

Peralatan Yang Diperlukan:

Bila ingin menyelam, Anda juga diwajibkan memiliki peralatan menyelam lengkap, seperti open heel fins (sirip buatan di kaki yang berfungsi mempercepat gerakan saat di air dan memperlebar jangkauan saat berenang), boots, satu set peralatan mask(berfungsi sebagai jendela yang menjaga mata agar tidak perih), snorkel (selang udara yang berfungsi sebagai pasokan oksigen), Buoyancy Compensator Device (BCD) atau rompi selam, regulator, wet suit (baju selam), sarung tangan selam dan sabuk pemberat.

Beli Di mana?

Semua peralatan ini dapat diperoleh di toko yang khusus menjual alat-alat selam, seperti Toko Lautan Mas yang ada di Jl. Toko Tiga no. 24 atau Toko Karya Teknik di Mega Glodok Kemayoran. Untuk sabuk pemberat dan tabung udara, biasanya dapat di sewa pada operator selam.

Sebelum Menyelam:

Sebelum menyelam ada beberapa hal yang perlu dilakukan, yaitu: 1. Tentukan lokasi untuk penyelaman terlebih dulu 2. Siapkan peralatan, seperti fin (kaki katak), snorkel, tabung oksigen, BCD, boots, masker, baju selam, sarung tangan selam dan lainnya. 3. Cek dengan baik, apakah peralatan tersebut layak dipakai. 4. Periksa alat pengukur tekanan (jumlah) udara dalam tabung. Jangan sampai melewati batas aman minimal. 5. Gunakan baju selam, sarung tangan selam, fins, boots, snorkel, regulator dan BCD dengan benar. 6. Pahami dengan baik tindakan pencegahan dan penanggulangan bila terjadi hal-hal tertentu.

Tia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s