Berjalan dengan lancar LPT Reguler FDC 2009

Posted: April 17, 2009 in Activities

Latihan Perairan Terbuka (LPT) reguler yang dilaksanakan tanggal 10 April 2009 di pulau Pramuka, Kepulauan Seribu berjalan dengan lancar. Reguler yang dilaksanakan FDC ini diketuai oleh Luky yang dibantu oleh rekan panitia lainnya.

rame-rame

Para peserta mendapatkan 5 kali penyelaman yang merupakan fasilitas yang ditawarkan FDC. Sebelumnya para peserta sudah menjalankan tahap latihan ketrampilan kolam (LKK) sebanyak 5 kali.

LKK yang dilaksanakan dengan materi berenang tanpa henti sejauh 200 meter, syarat kedua harus mampu apnea (horizontal sejauh 12 m) sebagai penilaian apakah seseorang tersebut dapat dikatakan Fit atau tidaknya, selain itu water trappen minimal 5 menit dan terakhir adalah mengapung di permukaan (floating)sebagai pengukuran sebatas apa daya apungnya. Syarat ini, sangat mutlak, sebab hal tersebut merupakan dasar kegiatan penyelaman, karena tidak mungkin malakukan aktivitas penyelaman tanpa menguasai dasar tersebut. Peserta Reguler harus menjalani latihan di kolam renang, sampai betul-betul menguasai teknik-teknik dasar penyelaman dan familiar dengan peralatan scuba.

reguler2

Walaupun sudah memenuhi syarat diatas calon penyelam juga harus dibekali dengan pengetahuan yang cukup tentang seluk beluk penyelaman, maka pengetahuan tersebut dapat diambil melalui Pengantar Akademik Penyelaman (PAP).

Setelah semua telah terlaksana, maka paserta reguler dapat mengikuti Latihan Perairan Terbuka dan ujian Pengantar Akademik Penyelaman. LPT yang dilaksanakan FDC merupakan penyelaman dangkal, yaitu penyelaman dengan kedalaman antara 5 -10 meter. Penyelaman olah raga ( Sport Diving), penyelaman olah raga dilakukan untuk kepentingan kesehatan dan wisata bahari. Para peserta regular dapat menikmati keindahan-keindahan panorama bawah laut yang ada di dalamnya.

reguler4

Penyelaman yang dilakukan peserta reguler selalu didampingi oleh anggota FDC yang lebih dulu mendapatkan sertifikat penyelaman. Pengaturan jadwal penyelaman dan rencana penyelaman juga di kelola oleh Dive master FDC yaitu Windhyka dan Novel yang juga menjabat sebagai Tour Leader. Pada saat penyelaman juga terdapat supervisor yang mengawasi penyelaman dan bertanggung jawab atas penyelaman yang sedang berlangsung pada saat itu. Selain itu, terdapat pula Dive Leader yang mengontrol alurnya penyelaman selama di bawah air.

Bagi teman-teman yang berminat untuk bergabung dalam kegiatan ini dapat juga mendaftarkan diri pada saat pembukaan reguler berlangsung. Segera daftarkan diri kalian agar bisa mendapatkan melihat indahnya panorama bawah laut dengan harga yang terbilang murah dengan fasilitas yang memadai. Selamat pada panitia regular yang telah sukses melaksanakan kegiatan ini. Selamat pula buat para peserta regular FDC 2009 yang telah melaksanakan LPT dan ujian PAPnya, jadi tinggal menunggu Sertifikat penyelamannya keluar deh.

Tia Sulistiani Utami/ FDC.XXIV.15

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s