Hari Berlabuh

Posted: June 1, 2010 in News

Hari Berlabuh merupakan peringatan hari jadi Fisheries Diving Club Institut Pertanian Bogor (FDC IPB) yang terdiri dari lima rangkaian kegiatan yaitu Pelatihan Lingkungan Hidup (PLH), Wisata Bahari (WB), Expo, dan Konser Konservasi Lingkungan Laut (KKLL). Semua kegiatan ini berorientasi pada konservasi dan kepedulian laut serta masyarakat di pesisir pantai. Rangkaian acara Hari Berlabuh diadakan selama 2 bulan, yaitu dari tanggal 20 September – 30 Oktober 2010.

Pelatihan Lingkungan Hidup (PLH) merupakan kegiatan mengajak siswa-siswi Sekolah Menengah Atas untuk peduli pada lingkungan laut dan ikut turun lapang bagi yang berminat sekaligus mengumpulkan uang sumbangan dan barang layak pakai yang dapat diberikan pada masyarakat pesisir pada kegiatan Wisata Bahari.

Kegiatan Wisata Bahari merupakan kegiatan konservasi yang langsung terjun ke lapang. Wisata Bahari ini memiliki banyak kegiatan meliputi Pelepasan Penyu, Underwater Clean Up, Restocking Karang, dan Penanaman Mangrove yang akan  dilaksanakan di Pulau Pramuka, dimana pulau ini merupakan pulau yang paling banyak dijadikan tempat belajar selam ilmiah FDC. Banyak pihak dari Pulau Pramuka yang telah membantu FDC dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan disana. Oleh karena itu, kegiatan ini merupakan bentuk rasa terima kasih FDC kepada masyarakat Pulau Pramuka.

Expo merupakan kegiatan Hari Berlabuh yang akan diadakannya sebuah seminar yang mengangkat tema “Keselamatan Kerja di Laut”, di Expo ini pula akan diadakan pameran foto, dimana foto-foto ini berasal dari anggota-anggota FDC, serta di Expo ini akan diadakan Launching sertifikat Scientific Diving FDC-IPB.

Konser Konservasi Lingkungan Laut merupakan konser seni bertajuk amal yang bertujuan untuk mendukung pengembangan konservasi di Indonesia. Hasil dari KKLL ini akan disumbangkan untuk pengembangan konservasi. KKLL ini merupakan kegiatan terakhir dan merupakan penutup dari rangkaian kegiatan Hari Berlabuh.

No Nama Kegiatan Tujuan
1 Pelatihan Lingkungan Hidup Memberikan informasi dan pemahaman kepada siswa Sekolah Menengah Atas mengenai ilmu kelautan dan olahraga selam, serta mengajak mereka untuk ikut dalam kepedulian akan lingkungan laut
2 Wisata Bahari
  • Memberikan contoh kepada masyarakat pesisir sikap kepedulian terhadap kebersihan lingkungan laut, khususnya di pesisir pantai
  • Sebagai bentuk dari rasa terima kasih FDC kepada pihak di Pulau Pramuka yang telah mendukung dan membantu kegiatan-kegiatan FDC yang dilaksanakan di Pulau Pramuka.
3 Expo
4 Konser Amal
  • Sebagai acara penutup dari rangkaian kegiatan dies natalis
  • Sebagai tanda kepedulian terhadap kelestarian laut melalui kegiatan seni
Comments
  1. apoy says:

    ayo semangat,,,
    sukses selalu buat FDC

  2. Iqbal says:

    hayo ramaikan konservasi indonesia.
    salam lestari
    waspada dira anuraga
    FDC.xxv.28

  3. Cahayat Fajar says:

    Dear FDCers

    Terima kasih informasi “Hari Berlabuh”nya. Cuma saja agenda detailnya tidak ada, seperti menyangkut tanggal, tempat, transportasi dan akomodasi (wisata bahari) dll.

    Siapa tahu memugkinkan, ingin ikut gabung

    Terima kasih

    Ijay
    Diklat 3
    (maaf no reg lupa)

  4. fdcipb says:

    OK bang ntar buat detailnya diinfokan kembali

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s