LATIHAN PERAIRAN TERBUKA REGULER FDC-IPB 2010

Posted: July 15, 2010 in Activities

FDC-IPB telah melaksanakan kegiatan Latihan Perairan Terbuka (LPT) reguler yang dilaksanakan pada tanggal 2 hingga 4 Juli 2010  bertempat  di pulau Pramuka, Kepulauan Seribu berjalan dengan lancar. Reguler yang dilaksanakan FDC ini diketuai oleh Herbet, yang dibantu oleh rekan panitia lainnya.

Peserta Reguler FDC 2010

Para peserta sebelum melakukan kegiatan LPT ini telah  melakukan 5 kali kegiatan Latihan Keterampilan Kolam(LKK) yang merupakan fasilitas yang ditawarkan FDC. LKK  ini terdiri dari beberapa materi dasar penyelaman, yaitu berenang sejauh 200 meter,   apnea (horizontal sejauh 12 m) sebagai penilaian apakah seseorang tersebut dapat dikatakan Fit atau tidaknya, lalu water trappen minimal 5 menit dan terakhir adalah mengapung di permukaan (floating)sebagai pengukuran sebatas apa daya apungnya apakah ia memiliki daya apung positif atau negatif. Materi dasar ini harus benar- benar dimilki oleh peserta reguler, karena merupakan teknik dasar dalam melakukan aktifitas penyelaman. Selanjutnya dilakukan materi latihan SCUBA di kolam renang, sampai betul-betul menguasai teknik-teknik dasar penyelaman terutama melakukan aktifitas Netral Bouyancy, Regulator Finding, dan Buddy Breathing.

Selain harus menguasai materi yang disebutkan tadi calon penyelam juga harus dibekali dengan pengetahuan yang cukup tentang seluk beluk penyelaman, maka pengetahuan tersebut dapat diambil melalui Pengantar Akademik Penyelaman (PAP). Fungsi PAP ini adalah sebagai pedoman dan teori dalam melakukan kegiatan penyelaman, yang terdiri dari Pengenalan alat dasar selam dan SCUBA, kesehatan penyelaman, Biota berbahaya, Fisika penyelaman, dan Tabel selam.

Setelah semua telah terlaksana, maka paserta reguler dapat mengikuti Latihan Perairan Terbuka dan ujian Pengantar Akademik Penyelaman. Pada kegiatan LPT reguler kali ini  penyelaman ini dipimpin oleh Luki dan Ikbal yang bertindak sebagai DIVE MASTER, tugas DIVE MASTER ini mengatur seluruh jadwal penyelaman mulai dari kedalaman maksimal yang dapat diselami oleh peserta reguler, jumlah pemakaian tabung. Tugas DIVE MASTER ini dibantu oleh  supervisor yang mengawasi penyelaman dan bertanggung jawab atas penyelaman yang sedang berlangsung pada saat itu. Selain itu, terdapat pula Dive Leader yang mempimpin suatu penyelaman agar berjalan aman, lancar, dan terkendali.

Foto- foto sebelum turun

Bagi teman-teman yang berminat untuk bergabung dan menikmati keindahan pesona bawah air laut nusantara Indonesia dapat juga mendaftarkan diri pada saat pembukaan reguler pada tahun berikutnya . OK ! WASPADA DIRA! DIVE !

By : Sukmaraharja Aulia Rachman Tarigan/FDC.xxv.45

Comments
  1. deno33 says:

    Mantafffff….terus semangat ya….sukses selalu buat FDC

    Waspada Dira Anuraga

  2. eko44 says:

    ok…lanjutkan terus fdc
    mantap jaya dahh…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s