Simulasi Diklat 28

Posted: October 8, 2010 in DIKLAT

Sebelum turun

Simulasi merupakan suatu kegiatan pengambilan data di salah satu pulau yaitu site-site di sekitar daerah pulau Pramuka Kep. Seribu dari para calon mentor yang nantinya data tersebut akan menjadi referensi data pertumbuhan terumbu karang di Kep. Seribu serta menjadi data yang ter-up date setiap tahunnya dan juga sebagai batu loncatan untuk mengadakan sebuah Ekspedisi di site-site di Indonesia lainnya. Simulasi sendiri dilaksanakan di daerah Kep. Seribu disamping dekat dengan kampus serta menjadi bahan pertimbangan untuk melakukan pengambilan data yang dimana potensi di Kep. Seribu itu sendiri menjadi daya tarik terhadap penyelam-penyelam yang sama sekali belum terjamahi oleh penyelam-penyelam ilmiah di Indonesia ini. kegiatan simulasi merupakan kegiatan terakhir dari anggota diklat 28 FDC-IPB setelah mereka melewati berbagai macam latihan keterampilan kolam, pengantar akademis penyelaman, dan latihan perairan terbuka. Kegiatan ini merupakan perkenalan anggota FDC-IPB, khususnya diklat 28 dimana mereka belajar bagaimana cara mengambil data serta memonitoring ekosistem terumbu karang.

diklat 28 FDC IPB

Kegiatan simulasi untuk diklat 28 ini  berlangsung selama seminggu dimulai dari tanggal 26 September 2010 dan berakhir tanggal 2 Oktober 2010  . Data yang diambil berupa data persen Cover penutupan terumbu karang menggunakan metode Line Intersect Transect, lalu data kelimpahan ikan dan  kepadatan invertebrata hewan benthic, dimana digunakan metode yang berbeda, yakni menggunakan Visual sensus untuk pengambilan data ikan karang, dan Belt Transect untuk data invertebrata hewan Benthic, serta data pendukung Oseanogerafi  dan  Underwater Fotografi dan Videografi di Pulau pramuka. Kegiatan yang mengangkat tema dengan nama Monera ( Monitoring Ekosistem Terumbu Karang ) ini diharapkan akan menghasilkan data yang bersifat time series dengan cara memonitoring site- site yang telah akan dilakukan pada simulasi tahun- tahun berikutnya. Selain bisa memonitoring  kondisi dari ekosistem terumbu karang, para simulator juga akan menggambarkan kondisi ekosistem terumbu karang dalam bentuk laporan ilmiah, serta laporan populer yang berisi pesona keindahan wisata bahari di Kepulauan Pramuka.

By : Tim Pubdok FDCIPB  (FDC.XXV.45)

Comments
  1. MUHIDIN says:

    selamat untuk diklat XXVIII yang telah melaksanakan Simulasi.
    jangan lupa pasca simulasi nya ye, laporan hasil simulasinya ditunggu terutama laporan populer nya.
    tetep semangat untuk ciptakan terobosan-terobosan dan inovasi-inovasi baru agar FDC lebih berkembang lagi.

    WASPADA DIRA ANURAGA

  2. taufik says:

    wa.. mantap..
    ditunggu hasilnya…

    oy ma nulis juga donk tentang transek permanen kita kemaren..
    : D

  3. MUHIDIN says:

    boleh tuh,pik..tar dicoba ditulis

  4. hasjrul says:

    pengen cepet cepet lulus LKK. hha

  5. fdcipb says:

    masih skin ya, saudara hazrul?? perjalanan masih panjang, masih byk yg harus dilalui dan dijalani,,berat tp bakal byk yg didapat,,yg pnting ttp smangat dan jalani dgn ikhlas,,otreeh..!!

  6. ludvi says:

    semangat lah rul,,hidup nie panjang…kalo gag dijalanin gag bakal tau ujungnya kayak apa…

  7. fdcipb says:

    setuju saudari ludvi,,jalanin dengan ikhlas,,dijamin gk bakal da yang sia-sia

  8. yanuar says:

    waspada-dira-anuraga

    wah ga terasa sdh sampai diklat 28 ya yg mau jadi mentor,salut FDC-IPB..hmm untuk simulasi benar pembicaraan bang taufik kalau bisa seperti kegiatan simulasi ini dibuat tulisannya karena yah walaupun ini cuma training dan wilayahnya yg ga berubah2 dari jaman baheula (di sekitar p. pramuka) tapi tmn2 setidaknya sudah dapt 2 keuntungan. pertama, bagi pribadi sdh mulai belajar nulis yg benar (itung2 buat latihan nulis skripsi nanti) karena diperiksa oleh ALB2 yang masih di kampus (ehemm..mbak nani & bang begz) dan kedua, bagi pribadi sdh mulai punya data yg time series (data berkelanjutan) yg sangat berguna untuk mengetahui ekosistem secara berkala..(Pemerintah aj belum punya lho..)

    otreh, mdh2an masukannya bermanfaat. salam untuk teman2 di sekret tercinta..

    salam persahabatan
    FDC.XXII.32

  9. fdcipb says:

    terima kasih bang Yanuar atas saran dan masukannya,,insya4wl akan menjadi bahan evaluasi bagi kami (pengurus) dan sangat bermanfaat.

    mohon doa dan dukungannya bang, semoga kedepannya FDC bisa lebih baik lagi terutama dalam pengembangan scientificnya sehingga benar-benar menghasilkan scientific-scientific diver, amiin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s