Laporan Perjalanan Delegasi BRPSI ( Balai Research Pemulihan Sumberdaya Ikan)

Posted: June 6, 2011 in News

Pada tanggal 11 mei FDC medapat permintaan untuk mengirimkan anggotanya untuk menjadi delegasi guna mengambil data modul BRPSI yang berada di Kepulauan Seribu sehingga dikirimkanlah dua anggota FDC.
BRPSI (Balai Research Pemulihan Sumberdaya Ikan) adalah sebuah lembaga research yang berada di bawah Kementrian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (KKP RI). Salah satu kegiatannya adalah melakukan pengkajian dan pegembangan fiseheries assesment (stok perikanan). Research yang dijalankan diantaranya membuat sebuah modul yang diletakkan di site yang sudah ditentukan sebelumnya lalu dalam kurun waktu tertetu dilakukan pengkajian sumberdaya pada modul tersebut diantaranya ikan terumbu (Reef fish) dan biota penempel (karang dan makrozoobentos).
Perjalanan berangkat dari kampuz ditempuh dengan menggunakan sepeda motor, kemudian dilanjutkan dengan menggunakan kerata api sampai stasiun kota (Jakarta) lalu naik kendaraan sampai ke Muara Angke. Dari Muara Angke perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan kapal regular menuju Pulau Pramuka. Perjalanan dari kampuz sampai Muara Angke memakan waktu kuranng lebih tiga jam sedangkan dari Muara Angke ke Pulau Pramuka ditempuh dalam waktu tiga jam sehingga total lama perjalanan enam jam.
Total orang dalam research ini berjumlah 6 orang (2 anggota FDC dan 4 dari BRPSI). Banyak kesan dan pengalaman yang didapat selama kegiatan, kesan dan pengalaman yang berbeda karena tidak didapatkan dan dialami di tempat kuliah dan di ruang kelas.
Sekitar jam 11-an tim tiba di Pulau Pramuka. Setelah rehat sejenak sambil makan siang, Pak Amran (pimpinan dalam research ini) menjelaskan mengenai pengambilan data yang akan dilakukan untuk memberikan gambaran kepada semua anggota mengenai jobdesk yang harus dikerjakan dilapangan sekaligus memutuskan metode yang cocok untuk pengambilan datanya dengan berpatokan kepada tujuan research, kondisi baik kondisi alam maupun sumberdaya atau kemampuan, alat yang ada dan sebagainya (lihat “tahap-tahap dalam melakukan monitong” di English et al. 1981).
Hari kedua tim mulai melakukan pengambilan data sesuai dengan jobdesk masing-masing. Pegambilan data dilakukan di dua modul yang terletak Pulau Kotok. Alhamdulillah, pengambilan data berjalan dengan lancar ditambah dengan kondisi cuaca yang friendly sehingga tim tidak kesulitan menjalankan jobdesk masing-masing.
Hari ketiga dan keempat hampir sama dengan hari kedua hanya tempat dan modul saja yang berbeda. Hari ketiga pengambilan data dilakukan di modul yang terletak di Pulau Harapan sedangkan hari keempat di modul TNKpS (Taman Nasional Kepulauan Seribu) yang terletak di Daerah Perlindungan Laut (DPL) atau Marine Protected Zone (MPZ).
Hari kelima tepatnya pukul 7.00 pagi tim pulang menggunakan kapal regular menuju Muara Angke dilanjutkan dengan perjalanan seperti saat berangkat. Meski baru kenal selama empat hari dengan tim dari BRPSI, tim delegasi FDC merasa sangat berat untuk berpisah. Senyum, keramahan serta sikap welcome yang diberikan oleh teman-teman dari BRPSI memberikan kesan tersendiri untuk tim delegasi FDC.
Semoga kerjasama ini dapat berlanjut di research-research selanjutnya supaya bisa menambah pengalaman anggota-anggota FDC baik dari segi pengambilan data, metode dan terutama pengalaman bekerja bersama tim non-FDC sehingga dapat meningkatkan kapasitas (building capacity), soft skill serta profesionalitas anggota-aggoa FDC khususnya dan mahasiswa IPB pada umumnya.
Terima kasih
Eko Setiyawan FDC.XXVII.03
Muhidin FDC.XXVI.17

Comments
  1. ludvi_27 says:

    ditunggu kabar selanjutnya…
    berita lain semoga ada publikasi juga agar bmanfaat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s