FDC-IPB at Jambore FOPMI

Posted: June 15, 2011 in News

sebelum penyelaman

Bulan lalu, Forum Penyelam Mahasiswa Indonesia (FoPMI) mengadakan gathering tahunan atau biasa disebut dengan Jambore. Setelah tahun lalu diadakan di Karimunjawa, untuk kali ini diadakan di Pulau Dewata, Bali. Dimulai dari tanggal 13 – 17 Mei 2011, acara ini diikuti oleh 48 peserta. Semuanya berasal dari berbagai kampus di seluruh Indonesia. Mulai dari Bogor, Jakarta, Semarang, Bandung, Jogjakarta, Malang dan Makassar.

Rute perjalanan menuju ke Bali melewati jalur darat memerlukan waktu yang cukup lama kira kira selama 2 hari. Kebersngkatan dimulai dari kampus IPB Darmaga kemudian dilanjutkan menuju ke stasiun Bogor lalu menuju k stasiun Pasar Senen. Dari Stasiun Pasar senen kemudian menuju ke stasiun pasar turi Surabaya dengan kereta kerta jaya. Perjalanan dilanjutkan ke Banyuwangi kemudian menyebrang dan akhirnya sampai di daerah Denpasar tepatnya di sekertariat mapala Udayana. Bersama sama anggota jamboree lainnya kita berangkat menuju k daerah Candidasa.

Jambore kali ini dilakukan penyelaman di Tulamben, sebuah dive spot yang sudah terkenal akan keindahan kapal USS Liberty yang tenggelam pada tahun 1946 ketika Perang Dunia kedua. Biasa disebut dengan dive spot wreckship, disini bisa melihat banyaknya karang lunak dan sea fan. Tak lupa, schooling (kumpulan) ikan-ikan target seperti ikan sirip kuning, ikan kakap, dan lain-lain. Selain turis lokal, daerah ini sering dikunjungi oleh turis mancanegara. Tak heran, banyak bertebaran dive shop yang menjajakan penyewaan peralatan selam. Wreckship menjadi daya tarik wisata yang sangat menjanjikan. Tak hanya wreckship, tapi daerah slope (Seraya) menjadi salah satu favorit juga. Kami pun sempat mencicipi indahnya bawah laut di Seraya. Tak jauh dari wreckship, Seraya bisa dijangkau 10 menit berenang dari titik wreckship.

Yang berbeda dari Jambore tahun lalu, adalah pemilihan Ketua Forum Penyelam Mahasiswa Indonesia (FoPMI) untuk masa bakti 2011-2013. Seharusnya ada 14 kandidat pengurus, namun ada yang tidak datang sehingga sisa tujuh orang kandidat. Mereka akhirnya kampanye mengenai program kerja yang akan dilaksanakan dan struktur organisasi yang akan mereka jalankan. Adapun kandidat yang hadir, Budi Rahman (UNyil UGM), Erma Noormasari (UNyil UGM), Atrasina Adlina (MSDC Unhas), Ari Fengkeari Karim (MSDC Unhas), Rangga Afianto (UNyil UGM), Hadi Wijayanto (ISIP), dan Ias Biondi (Uksa 387).

Hari kedua di Bali, dilakukan kampanye dari semua kandidat. Sedangkan hari ketiga dilakukan musyawawah para peserta Jambore untuk menentukan Ketua FoPMI. Setelah musyawarah yang cukup panjang, akhirnya terpilihlah Budi Rahman sebagai Ketua FoPMI periode 2011-2013.

Esoknya, seluruh peserta pun kembali ke Denpasar dan kembali ke daerah masing-masing. Dengan membawa cerita tentang indahnya Bali dan asiknya berkumpul dengan penyelam se-Indonesia.

 

Comments
  1. ludvi_27 says:

    selamat atas terpilihlah Budi Rahman sebagai Ketua FoPMI periode 2011-2013… dr FDC semoga bs melanjutkan,,hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s