KEGIATAN

FDC-IPB

FDC merupakan suatu badan organisasi yang berada di lingkungan kampus IPB dramaga yang berada tepat di salah satu fakultas yaitu Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. FDC juga merupakan suatu badan organisasi yang termasuk memiliki banyak anggota akan tetapi anggota dari FDC nya pun dibatasi yaitu hanya diperbolehkan warga perikanan saja, hal ini pun terkait akan kesetiaan ataupun loyalitas dari warga perikanan tersebut sehingga FDC hanya bisa dimasuki oleh orang-orang perikanan saja.

Recruitment

FDC memiliki banyak rangkaian kegiatan sehingga memungkinkan FDC  mencari penerus sebagai salah satu  wujud untuk terus bisa eksis di dunia penyelaman ilmiah. Untuk recruitment itu sendiri biasanya FDC memilki waktu tertentu yaitu ketika anak-anak TPB baru memasuki jenjang perkuliahan. Terkait dalam anggota FDC, FDC hanya menerima anggota hanya dari mahasiswa perikanan saja. Hal ini didasari oleh bentuk loyalitas dari mahasiswa perikanan tersebut terhadap FDC.

DIKLAT

Program diklat merupakan ajang untuk memberikan wawasan baru terhadap anak diklat yang baru masuk FDC yaitu berupa pendidikan dan pelatihan. Disini mereka diberi wawasan baru terhadap dunia penyelaman, disamping mereka mendapat wawasan baru ataupun pendidikan baru mereka juga belajar tentang berorganisasi dengan team mereka. Di program inilah ajang untuk membentuk penerus-penerus FDC yang akan datang nantinya maupun dalam bentuk loyalitas mereka terhadap FDC nantinya tetapi juga belajar bagaimana cara mereka membentuk sebuah team yang solid sebagai salah satu rekontruksi FDC kedepannya. Rangkaian diklat itu sendiri terdiri dari PAP (Pendidikan Akademis Penyelaman), LKK (Latihan Keterampilan Kolam) Skin, LKK (Latihan Keterampilan Kolam) Scuba, LPT (Latihan Perairan Terbuka), dan Simulasi. LKK dan PAP itu sendiri dilaksanakan secara bertahap. Hal ini supaya mereka belajar terlebih dahulu sebelum memasuki dunia penyelaman yang sebenarnya.

Simulasi

Simulasi merupakan suatu kegiatan pengambilan data di salah satu pulau yaitu site-site di sekitar daerah pulau Pramuka Kep. Seribu dari para calon mentor yang nantinya data tersebut akan menjadi referensi data pertumbuhan terumbu karang di Kep. Seribu serta menjadi data yang ter-up date setiap tahunnya dan juga sebagai batu loncatan untuk mengadakan sebuah Ekspedisi di site-site di Indonesia lainnya. Simulasi sendiri dilaksanakan di daerah Kep. Seribu disamping dekat dengan kampus serta menjadi bahan pertimbangan untuk melakukan pengambilan data yang dimana potensi di Kep. Seribu itu sendiri menjadi daya tarik terhadap penyelam-penyelam yang sama sekali belum terjamahi oleh penyelam-penyelam ilmiah di Indonesia ini. Dimana nantinya FDC sendiri akan bergerak ke bidang selam ilmiah hal ini untuk mendapatkan data-data karang yang ada di Indonesia. Data terumbu karang itu sendiri menjadi acuan atau patokan dari kesehatan terumbu karang. Karena kita tahu bahwa negara kita merupakan negara kepulauan yang terdiri dari banyak-banyak pulau sehingga terumbu karang itu sendiri menjadi indikasi besarnya komunitas yang ada di perairan Indonesia.

Ekspedisi Zooxanthellae

Negara Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki potensi sangat besar terhadap perikanan itu sendiri. Hal ini terkait dari banyaknya pulau yang ada di Indonesia. Potensi terumbu karang akan pengaruh bumi pun cukup besar, dimana terumbu karang itu sendiri merupakan salah satu ekosistem yang ada di suatu perairan. Kegiatan ekspedisi inipun sebagai salah satu sarana untuk mengambil atau mendapatkan data-data di perairan Indonesia. Alhamdulillah FDC sendiri telah mengadakan sembilan kali ekspedisi antara lain Ekspedisi Zooxanthellae I (1991) P. Belanda, Kep. Seribu; Ekspedisi Zooxanthellae II (1992) P. Kayu Angin Bira & Gosong Biru, Kep. Seribu; Ekspedisi Zooxanthellae III (1994) Kep. Tukang Besi, Sulawesi Tenggara; Ekspedisi Zooxanthellae IV (1996) Kep. Tujuh Belas Pulau, Riung, NTT; Ekspedisi Zooxanthellae V (1999) Pantai Barat Lampung, Lampung; Ekspedisi Zooxanthellae VI (2002) Pantai Barat Belitung, Bangka Belitung; Ekspedisi Zooxanthellae VII (2004) Perairan Sabang, NAD; Ekspedisi Zooxanthellae VIII (2006) Kep. Kangean, Kab. Sumenep, Madura; Ekspedisi Zooxanthellae IX (2007) Kab. Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Alhamdulillah sekrang FDC ingin melanjutkan penjelahannya yaitu Ekspedisi Zooxanthellae ke X nanti untuk mendapatkan data pertumbuhan terumbu karang.Hasil Ekspedisi Zooxanthellae inipun di launchingkan guna untuk memberikan informasi kepada masyarakat luas.

Reguler

Kegiatan ini merupakan sebagai salah satu landasan kepada para penyelam yang mau memilki sertifikat selam, sehingga dari FDCnya sendiri mengadakan suatu pelatihan terhadap mereka yang ingin memiliki sertifikat selam. Pada umumnya FDC ingin memperkenalkan kepada masyarakat betapa indahnya alam bawah laut dan juga betapa pentingnya kita menjaga terumbu karang kita yang sangat berpengaruh terhadap bumi kita sendiri. Untuk acara reguler itu sendiri, biasanya FDC menyebarkan brosur-brosur ataupun pamflet-pamflet di sekitar kampus maupun di luar kampus. Untuk teman-teman yang memang benar-benar untuk melihat alam bawah laut serta ingin mendapatkan sertifikat selam bisa menghubungi sekretariat FDC.

Lain-lain

Alhamdulillah FDC telah menjalakan banyak kegiatan dari masa dulu hingga sekarang. Kegiatan-kegiatan FDC yang telah dijalanakan umumnya bersifat dunia penyelaman hal ini terkait dengan basic dari organisasi FDC tersebut. Diantara kegiatan yang telah dijalankannya yaitu antara lain seminar, nyelem bareng, blue expo, hari berlabuh dan masih banyak kegiatan lainnya. Dari semua kegiatan ini dimaksudkan untuk menunjang FDC kedepannya.


Comments
  1. taudillah says:

    kayaknya kurang lengkap klo kita blon ngadain suatu event mengenai kabaharian yg bs memberikan kontribusi dan semakin mengangkat nama Fisheries Diding Club dan FPIK dan kampus IPB tercinta..he..he…bisa gk ya???!!

    FDC.XXVI.17

  2. dani says:

    setuju sama opik kira2 selain expedisi dan hari berlabuh kira2 pa lagi ya,,,,,Rrguler yang sekarang kayaknya ya,,,,,hehehehe
    by Panreg bersatu

    FDC.XXVII.10

  3. MUHIDIN says:

    tenang Dani and Opik,,kan bentar lagi WB (Wisata Bahari)..ni adalah salah satu event kebaharian FDC,,heuheu

  4. dian says:

    tolong untuk engurus yang buat xpdc tuh diedit yaa
    kita kan udah sebelas kali ekspedisi
    :)))

  5. ludvi says:

    makasih kak dian,,bwt koreksinya…
    iya xpdc kita yg ke XI di Halmahera…

  6. kegiatan ekspedisinya diupdate lagi dong.. udah mau ke XXII kan tuh.. ok

  7. kaharuddin says:

    adakah susunan atau scedul pembekalan kegiatan dari awal rekruitmen sampe benner2 jd anggota sah fdc

  8. ludvi says:

    Kak kaharudin… punten baru bales… baru liat2 blog ini lg… kalo rekrutmen sampai jd anggota tahapannya kayak yg diatas hingga pembuatan laporan setelah simulasi… untuk susunan atau schedule disesuaikan dg kepengurusan.. seluruhnya dipegang mahasiswa… kecuali pembina yg merupakan dosen… kami sebagai anggota luar biasa (sudah lulus) memberikan masukan… silakan datang ke tempat kami… terimakasi… link terkait kita skrg di fdc.lk.ipb.ac id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s